Menghargai Proses

Semua dimulai dari yang kita lakukan. Apa yang terjadi hari ini adalah hasil dari apa yang kita lakukan kemarin. Apa yang akan terjadi esok adalah buah dari yang kita tanam hari ini. Semuanya dimulai dari yang kita dapat hari ini adalah cermin dari yang kita lakukan kemarin. Meskipun berhasil atau tidaknya itu adalah kehendak Tuhan. Namun, setidaknya kita telah menorehkan tinta sejarah yang baik sehingga dapat menjadi pelajaran bagi kita sendiri ataupun orang lain.

Pada bulan ini Februari 2015 ada dua proses yang menjadi catatan saya. Yang pertama yaitu saya berhasil membuat game hybrid HTML5+JS yang juga menjadi game pertama yang saya daftarkan di Google play. Game yang saya buat dengan engine Phaser ini bukanlah final project. Namun, masih project percobaan. Walaupun belum dapat saya monetize dengan Admob, disebabkan karena kode yang saya tanam tidak terdeteksi dengan baik oleh admob. Hal ini menjadi catatan penting bagi saya karena menjadi tonggak awal saya memulai proses selanjutnya yang lebih besar. Kekurangan lainnya juga saya masih numpang akun developer console google milik Bapak Hatma teman dari ITS. 
logo youtube

Yang kedua yaitu saya berhasil meraih pengunjung ke 100 di Youtube. Dengan jumlah video sebanyak 10 buah. Catatan ini juga menjadi catatan penting, karena saya baru saja mulai mencoba memasang video-video yang pernah saya buat. Sedangkan saya sendiri baru mulai mengupload video sejak Januari 2015. Video saya memang tidak panjang, karena saya sendiri tidak suka menonton video panjang di Youtube. Jadi bila videonya bertema materi maka saya padatkan namun saya usahakan agar disampaikan dengan jelas. Saya membuat video sebenarnya terinspirasi dari materi yang pernah saya dapat dari adik saya, mengenai setiap hari dalam hidup kita ada perbedaan. Setiap hari sebaiknya kita membuat catatan dan alangkah baiknya bila catatan itu ada suara, gambar dan suasana. Cara yang paling mudah untuk merangkum semua itu adalah dengan video walaupun hanya satu detik. Maka dari itu saya merekam kegiatan saya sebisa mungkin dengan video.

Poskan Komentar